Pagelaran Wayang : Komodifikasi Gelaran Wayang

0 49

Berdasarkan KBBI, komodifikasi memiliki arti pengubahan sesuatu menjadi komoditas (barang dagangan) yang dapat diperjual belikan. Dalam hal ini berarti yang menjadi objek komodifikasi adalah pagelaran budaya wayang yang dilakukan oleh media. Dengan demikian ada perubahan yang dilakukan pada pagelaran wayang itu sendiri yang bertujuan agar pagelaran budaya wayang itu memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Hal ini membuat budaya tidak lagi dipandang dari aspek sentimental, tetapi juga sudah dinilai dari asek ekonomi.

Tarsoen Waryono (2008) dalam makalahnya yang disampaikan pada Saresehan Budaya Wayang Kulit, 8 Agustus 2008 di KBRI Berlin Jerman, menuliskan bahwa Wayang diartikan sebagai bayang (bayangan), sehingga memiliki dua makna yaitu:

1.Bayangan yang ditonton (dilihat dari belakang layar).

2.Melihat bayangan perilaku kehidupan manusia yang memberikan pemahaman antara perilaku yang baik dan buruk.

Pada akhir tahun 90-an hingga awal tahun 2000, salah satu stasiun televisi swasta sukses menayangkan sebuah program acara yang dikemas sebagai program komedi situasi dengan nama “Ketoprak Humor”.ini menampilkan panggung ketoprak dalam kemasan yang lebih populer sehingga acara tersebut tidak hanya disukai oleh penonton berlatarbelakang budaya jawa, melainkan juga menjadi favorit pemirsa hampir di seluruh tanah air.

Source kompasiana.com kompasiana.com/idol/552914bbf17e616f358b458c/komodifikasi-pagelaran-budaya-wayang-pada-tv-nasional
Comments
Loading...