Pagelaran Wayang : Kongres IX Sena Wangi, Jakarta

0 20

Kongres IX Sena Wangi di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta. “Untuk memainkan peran yang lebih berarti dalam pergerakan dunia yang semakin plural, suatu bangsa tidak bisa lain kecuali menumbuhkan kembali karakter, jati diri anak bangsa melalui budaya, khususnya melalui filosofi yang ada dalam dunia pewayangan,” demikian dipaparkan Ketua Dewan Kebijakan Sena Wangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), Drs. H. Solichin di sela-sela persiapan Kongres IX Sena Wangi, di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta.

Ditengarai masyarakat tengah mengalami kekisruhan (dinamika) dalam kehidupan berbangsa. Selain derasnya arus globalisasi yang turut memproses krisis multidimensional. Hal tersebut lantaran tidak diimbanginya pengetahuan budaya serta melemahnya pendidikan budi pekerti. “Melalui kongres Sena Wangi turut memberikan sumbangan pemikiran untuk mengatasi berbagai masalah bangsa. Dengan mengajarkan budi pekerti, revolusi moral, mengangkat nilai luhur bangsa dan menguatkan identitas Nasional,” ungkap budayawan yang juga Ketua Presidium APA (ASEAN Puppetry Association) ini.

Kongres Ke-IX Sena Wangi digelar di Gedung Pewayangan Kautaman TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa – Rabu, 25 – 26 April 2017 mendatang bertemakan “Meningkatkan Peran Wayang Dalam Nation & Character Building.” Dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.AP. diharapkan membuka Kongres ini. Hadir para Sesepuh, Dewan Kehormatan, Dewan Kebijakan, Dewan Pengurus, dan Dewan Pakar Sena Wangi, dari berbagai latar belakang profesi, disiplin ilmu.

Source suaraindonews.com suaraindonews.com/peran-nilai-filosofi-wayang-ruh-kongres-ix-sena-wangi-kautaman
Comments
Loading...