Pagelaran Wayang : Konsep Pertunjukan Wayang Orang

0 108

Konsep pertunjukan yang dibawakan adalah konsep wayang orang panggung berkembang sebelumnya. Akan tetapi, dalam yang telah mencari identitas dan ciri khasnya, pertunjukan ini menggabungkan dua kebudayaan besar, yaitu Surabaya dan Surakarta. Walaupun perwujudannya hanya berupa seni pertunjukan wayang orang garapan dan sendratari, Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya sangat mempertahankan kebudayaan bangsa yang merupakan tugas terpenting bagi genarasi muda dalam membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya melalui seni tradisi wayang orang membangkitkan kembali semangat nasionalisme serta yakin atas kekuatan sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar kebudayaan asli warisan leluhur yang serat dengan falsafah kehidupan ini dapat terjaga akibat dampak dari kemajuan teknologi dan komunikasi. Wayang Orang Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya merupakan sebuah komunitas sosial yang terdiri dari beberapa pemuda yang prihatin terhdap keberlangsungan kesenian wayang orang di Surabaya yang mempunyai bekal dan keahlian berbeda-beda bahkan ada yang dari kalangan pekerja non seni dan mahasiswa.

Keahlian pemuda-pemuda yang tegabung pada komunitas ini mempunyai bekal dan keahlian seni di antaranya: sutradara, penari, pengrawit, dalang, penata cahaya, dan kru pertunjukan. Pemuda-pemuda mempunyai tujuan bersama yakni ingin menghidupkan kejayaan wayang orang di Surabaya dengan konteks kekinian yang menyesuaikan kondisi masyarakat saat ini, mengusung konsep kekinian.

Source journal2.um.ac.id journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/download/2185/1287
Comments
Loading...