Pagelaran Wayang : Menonton Pagelaran Wayang

0 31

Kesenian wayang bagi orang Jawa merupakan kekayaan yang dimiliki bersama. tampil dalam banyak bentuk dan kemasan, kesenian wayang memberikan suatu pengalaman batin yang hampir tak terjelaskan. siapa yang mampu menjelaskan sebuah pertunjukan wayang: lakon dan maknanya, tokoh dan perwatakannya, dan apakah benar dunia wayang mempengaruhi perilaku manusia jawa, khususnya mereka-mereka yang gandrung dengan wayang? toh, dari dulu hingga sekarang, bahkan di kota-kota besar sekalipun, masih saja orang-orang Jawa itu dengan setia menikmati tontonan wayang, apalagi wayang kulit.

Pagelaran wayang kulit di desa memperlihatkan bagaimana orang-orang sampai pagi menahan kantuk dan dingin. meskipun sebagian besar jalannya cerita sudah diketahui, tetap saja dongengan ki dalang mendapatkan perhatian. Beberapa bagian dari komponen-komponen pagelaran wayang kulit memang mendapat perhatian khusus. gending pembuka yang

nggrentes ati

suluk-suluk yang menyentuh, penggambaran kelir yang eksotis, sabetan wayang dalam adegan perang yang gendingnya bersemangat, alunan suara pesinden dan wiraswara yang merdu, juga suara alat musik tambahan seperti drum, keyboard, terompet, juga simbal. Penikmatan sebuah pertunjukan wayang kulit seringkali terjadi begitu saja. apresiasi penonton hampir-hampir tak dapat diungkapkan, hanya kesetiaan penonton yang selalu hadir dalam setiap pertunjukkan wayang yang dapat menjelaskan bahwa kesenian wayang masih hidup dan mendapat tempat dihati masyarakat Jawa. Pagelaran wayang kulit memang membutuhkan banyak biaya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/kialijawangapak/55005078a33311376f510ace/menonton-pagelaran-wayang-kulit
Comments
Loading...