Pagelaran Wayang : Nonton Wayang Tiga Dimensi

0 82

Biaya yang dipatok dengan APBD 2011 sekitar Rp 700 juta untuk dua judul Mahabarata Versi Tiga Dimensi : Sejak tahun lalu, telah diproduksi pergelaran wayang animasi dengan audio visual tiga dimensi. Kalau yang lalu ada  pengenalan tokoh tokoh wayang Mahabarata seperti Arjuna, Bima, Anoman, Adipati Karna, dan Srikandi   dengan melalui layar televisi, nantinya film animasi itu ditayangkan dengan layar lebar.

Sekarang tinggal finishing. Diharapkan pertenganan bulan Januari 2012 ini dapat dinikmati. Tetapi untuk melihatnya harus dengan kacamata tiga dimensi

Kemajuan dari film wayang animasi terdahulu, yang sekarang ada ceritanya sesuai pakem yaitu Arjuna Wiwaha dan Karna Tanding. Kreatornya komunitas dari Yogyakarta yang memenangkan tender pengadaan film animasi tersebut. Biaya yang dipatok dengan APBD 2011 sekitar Rp 700 juta untuk dua judul. Tentu saja ini merupakan atraksi yang informative di samping pergelaran wayang setiap hari Sabtu dan Minggu. Sebagai tempat wisata edukasi dan  budaya, Museum Wayang juga menyelenggarakan workshop pembuatan wayang karton, maupun wayang mainan dari rumput serta mewarnai wayang kulit untuk pelajar pelajar SLTA, SMP sampai SD.

Terkadang juga didemonstrasikan pembuatan wayang golek. Bahkan diberikan kesempatan kepada pelajar yang datang berombongan untuk belajar menjadi niyaga atau penabuh gamelan. Nostalgia Hitam Putih Satu lagi koleksi  yang tidak boleh dilupakan, yaitu wayang boneka.

Source kompasiana.com kompasiana.com/daeng2011/5511071b813311c12cbc7e3c/nonton-wayang-3-dimensi-asyik-juga-euyh
Comments
Loading...