Pagelaran Wayang : Orang Makassar Liat Wayang

0 25

Ada yang baru di Museum Wayang, Jakarta. Pengunjung bisa menyaksikan pagelaran wayang dengan gaya modern, wayang 3 dimensi. Pokoknya asyik punya.

Memang Pak Nur bisa mengerti jalan cerita wayang? Pak Nur kan orang seberang, dari Makassar Sulawesi Selatan?

Nonton wayang 3 dimensi di Museum Wayang disajikan secara “nasional”, bukan pola pagelaran seperti biasa yang dalangnya menggunakan bahasa daerah (Jawa). Dulu, katanya, pernah kejadian, orang Jawa mementaskan pagelaran wayang kulit di pemukiman transmigrasi yang umumnya memang berasal dari Pulau Jawa. Kebetulan orang daerah setempat di lokasi transmigran (orang Sumatera) ikut menonton pagelaran wayang. Secara tidak sengaja, sang dalang keliru menceritakan lakon wayangnya.

Gatot Kaca yang seharus terbang, eh ini malah diceritakan masuk ke dasar bumi. Padahal sesuai pakemnya, yang masuk ke dalam perut bumi itu, bukan Gatot Kaca (Gatot Koco?) melainkan si……. (kalau nggak salah ya, Antareja?? Siapa gitu namanya…maklum yang menulis artikel ini orang seberang, Makassar hehe..). Saat itulah adalah penonton orang Jawa protes ke sang dalang. Dasar sang dalang tidak mau kalah.

Source kompasiana.com kompasiana.com/daeng2011/550ba6fa813311552cb1e12f/orang-makassar-nonton-wayang-asyik-juga-euy
Comments
Loading...