Pagelaran Wayang : Pagelaran Wayang Kulit di Festival

0 34
Berbicara mengenai wayang kulit, kita sudah mengenal seni tradisional ini sedari kecil. Maklum Bapak dan Ibu senang sekali melihat pagelaran wayang kulit. Wayang kulit merupakan sebuah kesenian tradisional Jawa yang kaya akan pesan budi pekerti, dan nilai moral serta spiritual dalam kehidupan. Wayang kulit juga merupakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Malam ini di acara Festival Lima Gunung (FLG) ke XIV ditutup dengan pagelaran Wayang Kulit Pakeliaran Padat dengan Dalang Ki Sih Agung Prasetyo dengan sinden tamu dari Amerika Megan Collins.
Kami pun menyaksikan pagelaran wayang kulit ditemani udara dingin Dusun Mantran Wetan yang memang berada persis di kaki Gunung Andong, dusun yang menyajikan keindahan dari hamparan perkebunan tembakau, kubis, tomat dan sayur mayur lainnya serta keramahan keluarga Pak Slamet dan Mbak Wiwin kepada saya, takkan terlupakan. Saya banyak belajar dari keluarga ini tentang kehidupan desa dan bercocok tanam. Kembali lagi berbicara mengenai wayang, saya pribadi menyukai pagelaran wayang kulit karena adegan cerita yang disampaikan oleh sang dalang mencerminkan tatanan kehidupan dan mengajarkan banyak hal bagi kita semua yang menyaksikannya.
Mengajaran nilai – nilai budi pekerti dalam bermasyarakat. Melalui pagelaran wayang kulit yang dikemas dengan menyuguhkan tokoh–tokoh wayang sebagai gambaran kehidupan nyata dalam bermasyarakat ini dapat mewujudkan budi pekerti yang luhur.
Source ikasoewadji.blogspot.co.id ikasoewadji.blogspot.co.id/2016/08/pagelaran-wayang-kulit-di-penutupan.html
Comments
Loading...