Pagelaran Wayang : Pagelaran Wayang Kulit Mexico

0 42

Di Teater Xicohtencatl, di kota Tlaxcala, Negara bagian Tlaxcala, Mexico, telah digelar pagelaran Wayang Kulit untuk pertama kalinya dalam sejarah promosi kebudayaan Indonesia di Meksiko.

Pagelaran ini dipersembahkan oleh grup kesenian Indonesia di Meksiko, Grup INDRA SWARA, dengan koleksi wayang yang seadanya (hanya dengan sekitar 32 tokoh wayang kulit) pagelaran yang membawa kisah Gatotkaca dan berdurasi kurang lebih 2(dua) jam ini berlangsung sangat memikat diiringi oleh musik gamelan pelog milik grup Indra Swara secara live serta kehandalan Mas Camilo Garcia sebagai dalang, Mas Camilo adalah warga Meksiko yang pernah belajar tari dan seni pedalangan di Indonesia, sedang iringan musik gamelan dipimpin oleh Mas Luis Leon juga warga negara Meksiko yang mendalami seni musik Indonesia tersebut. Pagelaran Wayang Kulit berbahasa Spanyol ini ternyata mendapat apresiasi yang membanggakan dari publik.

Teatro Xicohtencatl tempat diadakan pagelaran ini adalah gedung teater utama Negara Bagian Tlaxcala, teater tersebut dibangun tahun 1873 dan menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah kota Tlaxcala.

Source Kompas kompasiana.com/fikmancandance/54f73308a3331152748b46e4/pagelaran-wayang-kulit-berbahasa-spanyol-di-mexico-pertamakali-dalam-sejarah
Comments
Loading...