Pagelaran Wayang : Pagelaran Wayang Kulit (Top)

0 73

Menyaksikan pagelaran wayang kulit, atau orang Jawa bilang ringgit purwo. Memang sedikit aneh, karena wayang kulit yang notabene budaya jawa, dengan gendhing-gendhing dan percakapan jawa, namun di gelar di kota Balikpapan (Kalimantan Timur). Namun begitu ternyata banyak juga yang menonton. Jadi kesimpulannya, ternyata banyak orang Jawa yang merantau ke Balikpapan. Melihat pagelaran semalam, merasa kalau pagelaran wayang kulit adalah yang paling Indonesia.

Dalam pagelaran wayang kulit, terdapat beberapa komponen yang sudah pasti harus ada. Mungkin karena bahan bakunya (kulit binatang) sudah tidak mudah didapat (khususnya untuk kulit penyu) dan cara pengerjaannya yang rumit membuat harga wayang kulit sangat mahal. Mungkin sampai ratusan juta untuk bisa membeli seperangkat wayang. Dalang Dalang adalah orang yang memainkan wayang. Untuk menjadi seorang dalang, kita harus bisa mengenali nama-nama wayang satu per satu. Suara juga harus bagus, karena sepanjang malam dalanglah yang akan mengeluarkan banyak suara mengisahkan suatu lakon.

Dalang juga harus bisa menguasai teknik sabetan, suluk, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu bisa dipelajari di dunia pendidikan semisal STSI Surakarta. Niyaga / yaga Merupakan orang yang memainkan gamelan. Niyaga biasanya terdiri dari beberapa orang pria dengan berpakaian adat jawa. Mengenakan beskap, kain jarik untuk bawahan, dan blangkon. Jumlah sinden dalam suatu pementasan wayang tidak bisa ditentukan.

Source Kompas kompasiana.com/gneoga/5500bf8fa333119f6f51211a/pagelaran-wayang-kulit-paling-indonesia-banget
Comments
Loading...