Pagelaran Wayang : Pandangan Pelarangan Wayang

0 54

Kontak saya yang pertama dengan wayang atau tepatnya cerita cerita wayang adalah melalui komik bergambar sekitar tahun 60 an ketika saya masih SD.Seingat saya komik itu tentang Mahabrata dan juga tentang Bharatayudha yang ditulis atau digambar oleh Kosasih melalui Penerbit Melodi Bandung. Saya dengan teman teman selalu asyik membaca komik tersebut padahal kami bukan orang Jawa dan kami tinggal di Kota Padangsidempuan sekitar 400 km sebelah selatan Medan Provinsi Sumatera Utara.

Saya ingin mengandalkan ingatan masa kecil tentang wayang ini walaupun mungkin ada salah penyebutan atau salah judul tapi saya akan bercerita ringkas tentang pengetahuan mengenai cerita cerita wayang. Amarta dan Hastina selalu kami artikan sebagai simbol perang antara kebenaran dan kebatilan.Hastina penuh dengan kelicikan dan disana ada seorang tokoh Dorna yang digambarkan berhidung panjang.Untuk kami anak anak tokoh tokoh populer antara lain Arjuna, Bima dan Gatot Kaca.Kalau Gatot Kaca digambarkan sebagai sosok yang bisa terbang dan menguasai udara dia juga punya saudara yang menguasai darat bernama Jakatwang. Arjuna kami senangi karena dia bangsawan tampan dan jago memanah serta disenangi cewek cewek.Ada juga nama Nakula dan Sadewa tapl kami tidak terlalu menganggap sebagai tokoh penting.

Source kompasiana.com kompasiana.com/marayackandostorang/588671d893fdfdd00d2aaa59/pelarangan-wayang-dalam-pandangan-saya-yang-bukan-jawa
Comments
Loading...