Pagelaran Wayang : Pementasan Wayang Menarik

0 109

Pementasan wayang yang dikemas dengan cara menarik bisa digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai seperti moral, ksatria dan kejujuran kepada generasi muda.

Kemaslah wayang sebaik mungkin. Di situlah peran dalang yang ingin mewariskan kepada genreasi muda

kata Boediono saat memberikan sambutan sekaligus membuka “Wayang World Puppet Carnival 2013” di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin. Kegiatan yang melibatkan dalang dari dalam dan luar negeri tersebut berlangsung di Jakarta 1-8 September 2013. Menurut Wapres, kunci untuk melestarikan budaya ada pada upaya untuk merangkul anak muda.

Sampai seberapa jauh pelestarian bisa diterima tentu tergantung kesuksesan kita merangkul anak muda. Di situlah kita harus merumuskan dengan tepat substansinya

kata Boediono. Wapres menilai, budaya itu tidak statis dan berubah, meskipun esensinya sama, tetapi penampilan dan variasinya berbeda. Boediono juga mengingatkan perlunya generasi sekarang memberikan ruang kepada generasi muda untuk memberikan sumbangan kreasi budayanya. Dicontohkan, saat anak-anak menampilkan dan mendalami seni tari maka generasi sekarang tidak bisa terlalu mengharapkan.

Kalau kita mau realistis, itu tetap akan menajdi budaya massal karena saingannya banyak sekali. Yang perlu kita lakukan adalah memberikan substansi yang pas untuk menarik generasi muda

katanya. Ditambahkan kecintaan kepada budaya itu dimulai dari kecil sehingga harus ada pemikiran bagaimana memasukkan pada tingkat sangat dini.

Tentu kementerian Pendidikan & Kebudayaan menyambut

Source Berita id.beritasatu.com/home/wayang-bisa-sampaikan-nilai-nilai-ke-generasi-muda/67949
Comments
Loading...