Pagelaran Wayang : Pentas Wayang dan Tirakatan

0 602

Kemeriahan peringatan HUT ke-73 RI terlihat diseluruh penjuru tanah air. Tak terkecuali di DIY. Pada Kamis malam (16/8/2018) sebagian besar warga Yogyakarta mengadakan malam refleksi kemerdekaan/tirakatan di kampung masing-masing. Seperti yang terjadi di Dusun Kencuran Kidul Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik, Sleman DIY dan warga Perumahan GKP (Griya Kencana Permai), Argorejo, Sedayu, Kabupaten Bantul DIY. Warga Kencuran Kidul menggelar malam tirakatan refleksi untuk mengenang para pejuang dalam perjuangan melawan penjajah. 

Sedangkan, warga Perumahan Griya Kencana Permai menggelar pentas wayang kulit dengan lakon Sumantri Sukrasana bergaya (gagrak) Solo. Pagelaran wayang kulit tersebut akan dimainkan oleh dalang Ki Tri Nugroho, yang merupakan warga RT setempat. Menurut Ki Tri Nugroho, pentas wayang kulit akan dimulai jam 10 malam sampai selesai di balai RT. Lakon Sumantri Sukrasana yang akan dibawakan kali ini merupakan cerita lama, kisah sebelum Ramayana.

Ceritanya cukup rumit dan berat, bisa dikatakan masih jarang dalang Yogyakarta yang membawakannya

Secara ringkas, Sukrasana adalah adik dari Bambang Sumantri atau Patih Suwanda. Sukrasana merupakan anak Begawan Suwandagni dari Pertapaan Jatisarono. Walaupun berwujud buto bajang (raksasa kecil), tetapi ia sangat sakti dan memiliki cinta kasih yang luar biasa terhadap saudara tuanya, Bambang Sumantri. Ringkasnya, lakon tersebut berkisah tentang darma atau perbuatan baik & kesetiaan negara.

Source timesindonesia.co.id timesindonesia.co.id/read/180373/20180816/220851/pentas-wayang-dan-tirakatan-meriahkan-hut-ri-di-yogyakarta
Comments
Loading...