Pagelaran Wayang : Pentas Wayang Kresna 2013

0 133

Malam ini, di Alun-alun Kidul Yogyakarta akan dipentaskan Wayang Orang dengan lakon Kresna Duta, dalam rangka pencanangan Kurikulum 2013. Penggunaan wayang sangat cocok untuk pendidikan karakter karena dalam kisah wayang banyak sekali pelajaran tentang karakter dan budi pekerti. Awalnya, Pandawa sebagai pewaris sah tahta kerajaan Astina telah mengikhlaskan tahta kerajaan dikuasai oleh Kurawa. Namun keikhlasan Pandawa tidak diterima oleh para Dewa, Pandawa diperintahkan untuk mengambil tahta kerajaan Astina demi menegakkan kebenaran.

Sebuah pelajaran tentang keikhlasan, bukan? Pandawa tidak menghendaki pertumpahan darah, oleh karena itu Pandawa meminta tolong kepada Kresna untuk menjadi duta Pandawa dan memintah tahta kerajaan Astina secara baik-baik. Namun misi kresna ini gagal, Perang Bharatayuda telah digariskan para Dewa. Begitulah inti cerita Kresna Duta, tapi ada banyak hal lain yang bisa kita dijadikan bahan renungan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/titen/5519e8b3a33311781cb65954/pentas-wayang-kresna-duta-untuk-pencanangan-kurikulum-2013
Comments
Loading...