Pagelaran Wayang : Pentas Wayang Orang Sriwedari Sepi

0 177

Bayun Marsiwi, pemuda 25 tahun asal Boyolali ini, mungkin bukan sosok pemuda kebanyakan. Sebab, alih-alih menonton bioskop atau pergi ke pusat perbelanjaan, Bayun justru asyik menyaksikan pagelaran wayang orang di Kompleks Sriwedari, Surakarta pada Selasa malam pekan lalu. Bayun, hanya satu dari segelintir orang yang menyaksikan pagelaran ini selain beberapa wisatawan asal Jepang. Mengapa Bayun, yang tergolong sebagai kids zaman now memilih mengabiskan waktunya menyaksikan budaya tradisional ini?

Pertunjukan wayang orang lebih ekspresif dan nyaman, Daripada nonton bioskop mahal, lebih baik wayang orang. Cukup Rp 10.000 sudah bisa dapat kursi VIP

kata Bayun. Apakah minat pemuda seperti Bayun ini membuktikan bahwa wayang orang masih mendapat tempat di hati warga? Agus Prasetyo, kordinator pertunjukan wayang orang Sriwedari, menyebut minat warga untuk menyaksikan pagelaran wayang orang semakin meningkat. Buktinya, Agus melanjutkan, setiap pagelaran jumlah penonton cukup banyak. Dan bahkan pada Sabtu malam penonton biasanya memenuhi gedung berkapasitas 600 orang itu.

Jika tidak melakukan booking, biasanya kehabisan (kursi)

ujar pria yang juga kerap berperan sebagai Kresna. Agus melanjutkan, peminat kesenian wayang orang kini semakin meningkat. Bahkan tak sedikit anak muda hingga anak-anak yang meluangkan waktu untuk menonton.

Turis asing juga ikut antusias. Biasanya mereka malah lebih menghayati saat menonton pertunjukan ini

tambah pria bertubuh tinggi itu.

Source kompas.com lifestyle.kompas.com/read/2018/02/13/174557420/pentas-wayang-orang-sriwedari-pernah-hanya-ditonton-kursi
Comments
Loading...