Pagelaran Wayang : Pertunjukan Wayang Kulit Museum

0 225

Pertunjukan wayang kulit di halaman Museum Fatahillah, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (18/4) malam, mendapat antusias masyarakat. Acara ini digelar Harian Pos Kota dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44.
Sejak acara dimulai sekitar pukul 19:00, ratusan warga sudah duduk berjubel di depan panggung pertunjukan wayang. Bahkan tak sedikit pula yang berdiri demi menyaksikan pergelaran wayang yang menampilkan dalang Ki Enthus Susmono.

Acara yang juga digelar dalam rangka meramaikan Hari Pusaka Dunia ini diawali dengan penampilan 3 dalang cilik, yakni Hastu, Henokh dan Hana. Bambang SPR, pembawa acara, mengatakan, para dalang cilik itu membawakan pertunjukan wayang dengan lakon Kongso Adu Jago.

Salah satu dari 3 dalang ini ada dalang cilik wanita, yaitu Hana. Cilik tapi wanita, wanita tapi cilik

guyonnya saat membuka acara disambut tertawaan ribuan penonton. Ketua panitia sekaligus Wakil Pemimpin Umum Pos Kota, H. Joko Lestari mengatakan, acara wayang semalam suntuk ini tidak lepas dari arahan bapak H. Harmoko, sesepuh sekaligus pendiri Harian Pos Kota, yang sangat peduli pada budaya nasional. Menurutnya, pergelaran wayang ini juga terasa istimewa istimewa karena bertepatan dengan peringatan Hari Pusaka Dunia.

Selain batik, angklung dan keris, wayang juga jadi pusaka dunia. Karena itu pergelaran ini juga terasa istimewa

ujarnya. Usai memberi sambutan, H. Joko Lestari secara simbolis.

Source poskotanews.com poskotanews.com/2014/04/18/harmoko-terima-wayang-semar-dari-dalang-ki-enthus
Comments
Loading...