Pagelaran Wayang : Pocapan Pertunjukan Wayang

0 83

Garap pocapan merupakan bagian dari garap catur dalam pertunjukan wayang kulit purwa. Pocapan diiringi oleh grimingan gender di semua wilayah pathet. Penelitian ini memfokuskan pada keselarasan lagu dengan fungsi pocapan dan kaitannya dengan makna pilihan kata sebagai pendukung suasana yang ditampilkan dalam suatu adegan lakon Sudhamala. Tujuan penelitian iniadalah mendeskripsikan iringan yang menyertai pocapan keterkaitannya dengan fungsi pocapan dan menganalisis kesesuaiannya dengan makna kata dan suasana yang ditampilkan dalam sebuah adegan.

Permasalahan tersebut dikaji secara tekstual dengan pendekatan struktur. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa iringan yang menyertai pocapan disesuaikan dengan wilayah pathet dan makna kata yang dipilih. Makna kata dalam pocapan juga disesuaikan dengan suasana yang ditampilkan dalam sebuah adegan. Antara iringan, makna kata pocapan, dan suasana dalam adegan terdapat keselarasan untuk mendukung satu kesatuan fungsi pertunjukan secara keseluruhan dalam lakon Sudhamala.

Source Research researchgate.net/publication/323363011_Keselarasan_Lagu_dengan_Fungsi_Pocapan_dalam_Pertunjukan_Wayang_Lakon_Sudhamala
Comments
Loading...