Pagelaran Wayang : Selamatan Nanggap Wayang

0 18

Desa Kedungkarang kecamatan Wedung kabupaten Demak mengadakan even dua tahunan berupa kegiatan sedekah bumi yang dipusatkan dibalai desa setempat, selain menggelar pertunjukan Wayang kulit siang dan malam acara sedekah bumi ini juga diisi dengan selamatan desa. Setiap RT di desa Kedungkarang yang berjumlah 16 membuat ambengan (nasi Selamatan) yang wujudnya beraneka rupa ada yang berwujud perahu, rumah, kapal dan masih banyak yang lainnya.

Ambengan tersebut berisi nasi beserta lauk pauknya yang dibuat hasil kerukunan setiap RT dan yang mengantarkan ke balai desa juga anggota RT. Tujuan dari adanya ambengan ini sebagai wujud kerukunan dan kekompakan antar warga juga perwujudan rasa syukur kepada yang maha kuasa atas rezeki yang diberikan kepada seluruh warga.

Acara sedekah bumi ini memang sudah dianggarkan desa setiap dua tahun sekali dengan menggelar kesenian tradisional berupa wayang kulit semalam suntuk. Selain untuk menghibur masyarakat tanggapan wayang ini juga untuk melestarikan budaya leluhur kita

Acara sedekah bumi yang dipusatkan dibalai desa dengan menanggap wayang juga selamatan bersama ini mendapatkan perhatian tersendiri bagi segenap warga desa Kedungkarang dan sekitarnya . Jalan raya di dekat balai desa yang biasanya sepi kini ramai dengan datangnya para pedagang yang “Mremo”.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ardans/552bc98f6ea834ec158b458b/di-demak-sedekah-bumi-selamatan-dan-nanggap-wayang
Comments
Loading...