Pagelaran Wayang : Tatah (Pahat) Tratasan Wayang

0 403

Jenis tatah atau pahat pada pagelaran wayang. Tatah atau pahat, adalah salah satu tahapan utama atau paling penting dalam proses pembuatan wayang kulit. Dalam seni kriya wayang kulit purwa, setidaknya ada 16 jenis macam jenis tatah atau pahat. Masing – masing jenis tatah atau pahat  itu diperuntukkan bagi pembuatan ornament tertentu, pada bagian tubuh wayang tertentu pula. Berikut adalah jenis – jenis tatah atau pahat pada seni kriya wayang kulit purwa gagrak Surakarta dan Yogyakarta :

Tatah atau pahat Tratasan. Tatah atau pahat jenis ini adalah untuk membuat pola semacam garis, baik garis lurus maupun yang melengkung lebar dan menyudut. Tatah atau pahat tratasan hampir selalu diselang – seling dengan tatahan bubukan dengan maksud agar kulit di bagian yang ditatah itu tidak mudah patah atau robek. Ini juga disebut tatah atau pahat lajuran atau tatah atau pahat lajur. Macam – macam bentuk tatah atau pahat tratasan dalam membuat wayang.

Bentuk tatah atau pahat tratasan terdiri dari berbagai macam diantaranya bentuk tatah atau pahat tratasan terdiri dari : tratasan biasa, tratasan bubuk dan trentenan. Menurut Sukir tahun 1980, jenis – jenis tatah atau pahat dalam wayang antara lain : tratasan, pahatan lurus dan pendek. Para empu penatah wayang juga memberikan petunjuk bagaimana memulai dan mengakhiri proses memahat wayang.

Source My Wayang Sanggar Wayang Kulit Kayon
Comments
Loading...