Pagelaran Wayang : Wayang Golek Digelar di Dago

0 89

Yayasan Tikar bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Taman Budaya (BPTB) Jabar dan Graduate School of Uman Sciences Osaka University akan menggelar pertunjukan Wayang Golek di Dago Tea House, BPTB Jabar, Minggu (17/3). Pertunjukan itu akan digelar dalam dua sesi, pertama mulai pukul 14.00 untuk kalangan pelajar SD hingga SLTA, kedua digelar pukul 20.00 untuk kalangan umum. Menurut Endo Suanda, Direktur Yayasan Tikar, para siswa sebelum mengapresiasi pertunjukan akan mendapat paparan dan diskusi tentang “Membaca Komik dan Menonton Wayang, oleh Dr Madoka Fukuoka dari Graduate School of Uman Sciences Osaka University.

Kebetulan Madoka Fukuoka sedang melakukan penelitian tentang Komik Wayang karya RA Kosasih. Selain itu akan mendapat paparan singkat dari Dalang Apep Hudaya tentang makna dan teknik main wayang serta lakon yang akan dibawakannya, yaitu Anoman Duta suatu episode Ramayana.

Pertunjukan ini terbuka bagi pelajar manapun. Sementara ini, kami sudah mengundang sebanyak 15 sekolah mulai SD sampai SLTA, tapi bagi sekolah yang tidak diundang pun silakan datang

kata Endo saat ditemui wartawan di selasar Gedung Teater Terbuka Dago Tea House, BPTB Jabar, Rabu. Sedangkan untuk pertunjukan malamnya yang dimulai pukul 20.00, lanjut Endo, akan dipentaskan pertunjukan Wayang Golek lakon Jaya Perbangsa (Gatotkaca Gugur) oleh Dalang Apep Hudaya. Lakon ini merupakan episode dari Baratayuda-Mahabarata, dengan iringan gamelan tradisional.

Source jabar.tribunnews.com jabar.tribunnews.com/2013/03/13/wayang-golek-digelar-di-dago-tea-house
Comments
Loading...