Pagelaran Wayang : Wayang Golek Ramaikan HJB

0 234

Pagelaran wayang golek menjelang Hari Jadi Bogor (HJB) ke 523. Dalang Jajat menjelaskan, Rikmadenda menceritakan seorang ksatria yang sedang mencari jati dirinya.

Ksatria Rikmadenda merasa kecewa, karena ternyata tahta kerajaan yang seharusnya diserahkan kepadanya ditunda, karena harus mencari dulu Yang Maha Kuasa

paparnya. Jajat yang berduet dengan Ujang Jaya mampu mempesona warga setempat, meskipun banyak di antaranya yang hanya mengerti bahasa Sunda, tapi tidak mampu mengucapkan. Karena di daerah tersebut bahasa yang digunakan adalah Betawi Ora. Warga terhibur apalagi saat si cepot dimainkan oleh sang dalang. Menurut Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, R. Susilowati, pagelaran wayang golek merupakan kegiatan rutin Disbudpar saat memperingati Hari Jadi Bogor.

Ini sebagai bukti bahwa Pemeritah Kota Bogor dengan leading sektornya Disbudpar sangat peduli dengan pelestarian seni tradisi Sunda, khususnya Wayang Golek dan seni tradisi lainnya

ujarnya.  Selain di Kecamatan Tanah Sareal pagelaran wayang golek juga akan diadakan di lima kecamatan lainnya, yakni Bogor Timur, Bogor Selatan, Bogor Barat, Bogor Utara dan Bogor Tengah. Ketua PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kota Bogor Shahlan Rasyidi didampingi sekretarisnya, Dadang HP, menjelaskan di Bogor Timur pagelaran akan dilaksanakan di Kelurahan Sindangsari dengan dalang  Zakir Ismail yang akan berduet dengan Parno. Pagelaran wayang golek di Sukaresmi disaksikan.

Source poskotanews.com poskotanews.com/2014/05/24/wayang-golek-ramaikan-hut-ke-523-kota-bogor
Comments
Loading...