Pagelaran Wayang : Wayang Kulit Parwa “Gugurnya Jayadrata”

0 222
Pertunjukan wayang kulit Parwa menjadi suguhan menarik di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 Tahun 2017. Salah satunya pementasan wayang kulit Parwa berjudul “Gugurnya Jayadrata” persembahan Sanggar Sandhi Swara, Duta Kota Denpasar yang dibawakan dengan apik oleh dalang muda I Gusti Agung Surya Wikrama. Pementasan wayang kulit Parwa ini berlangsung di Depan Gedung Krya Art Centre, Denpasar sukses menarik perhatian pengunjung di hari kesembilan berlangsungnya PKB pada Senin.
Koordinator pementasan I Made Raka Sukada menuturkan lakon Wayang Kulit Parwa Gugurnya Jayadratha ini bertutur tentang epos Mahabaratha dimana mengisahkan terbunuhnya Abimanyu yang menjadi pukulan berat bagi pihak Pandawa khususnya Arjuna, karena Korawa telah melanggar peraturan perang di Kurusetra.
Arjuna yang murka bersumpah menghabisi pembunuh Abimanyu yang ternyata adalah Jayadrata. Namun Arjuna kesulitan membunuh Jayadrata yang dilindungi pasukan kuat Korawa, hingga akhirnya Krisna turun tangan membantu Arjuna dengan menutup sinar matahari dengan Cakra Sudrasana
tuturnya. Cerita berlanjut dengan, Kurusetra yang seketika gelap gulita dan bersoraklah pasukan Korawa karena mengingat sumpah Arjuna untuk menceburkan diri dalam kobaran api apabila dia gagal membunuh Jayadrata sebelum matahari terbenam.
Ada beberapa pakem utama menyukseskan pagelaran wayang, yaitu kecakapan dalam olah vokal, keluwesan menggerakkan wayang, serta kemampuan dalang menjiwai setiap karakter wayang. Pemain Gender perlambang Catur Sanak (Kanda Pat)
Source beritabali.com beritabali.com/read/2017/06/20/201706200008/Wayang-Kulit-Parwa-34Gugurnya-Jayadrata34-Tampil-di-PKB-ke39.html
Comments
Loading...