Pameran Wayang : Kisah Klasik Panji di Seni Rupa

0 132

Kisah klasik Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji rasanya belum banyak diangkat sebagai karya seni rupa. Padahal, karya-karya visual kisah yang lebih dikenal dengan cerita Panji ini sudah ada sejak lama. Salah satunya berbentuk relief yang banyak tersebut di dinding candi peninggalan leluhur. Cerita Panji juga banyak dimunculkan dalam karakter topeng, itu pun menjadi bagian dari seni pertunjukan. Daerah yang memiliki kesenian tradisional topeng juga bisa dihitung dengan jari.

Di daerah lain ada yang mengukir topeng Panji, tetapi hanya sebatas kerajinan tangan yang dijual sebagai cendera mata. Dalam Pameran Besar Seni Rupa (PBSR) 2018 yang berlangsung di Balai Kota Among Tani, Batu, Jawa Timur, epik Panji dimunculkan. Pameran yang berlangsung 15 September-12 Oktober itu mengetengahkan hasil karya sekitar 101 perupa dari Pulau Jawa dan Madura. Tidak hanya lukisan, peristiwa tahunan kali keenam ini juga menyuguhkan instalasi, patung, dan multimedia.

Seniman yang unjuk karya antara lain M Akbar dari Bandung yang menyuguhkan video art, Theresia Agustina S dari Yogyakarta yang mengetengahkan seni grafis dan instalasi, Farhanaz Rupaidha dari Bekasi dengan karya interaktif art, serta Suvi Wahyudianto dari Bangkalan, Madura. Berbeda dengan seni pertunjukan yang alur cerita Panjinya sudah terpola—meski ditampilkan dalam varian dan tokoh berbeda—”nyawa” dalam seni rupa ternyata lebih lentur, keluar pakem.

Source Kompas kompas.id/baca/hiburan/2018/10/06/panji-dalam-seni-rupa
Comments
Loading...