Pameran Wayang : Liat Pameran Lukisan Wayang

0 13

Mengunjungi pameran lukisan wayang beber ini berbeda dengan mengunjungi  pameran lukisan yang lain karena setiap pengunjung akan dapat buku yang berjudul

Wayang Beber Antara Inspirasi dan Transformasi

Lumayan tebal halamannya nyampai 129. Pameran yang berlangsung akhir Maret 2013 ini mempunyai peranan penting sekali untuk memperkenalkan warisan Kebudayaan Tradisional  yang telah hilang yaitu WAYANG BEBER. Perupa pameran wayang beber ini adalah : Ahmad Tri Saktiawan, Aklis Nuryadin, Faris Wibisono, Hermin Istrianingsih, Herjaka HS, Ima Novilasari, Indiria Maharsi Msn, Joko Wiyono, Djoko Sriyono, Khambali, Kuntadi Wasi Darmojo, Nasirun, Pudjiyanto, Ratri Dewi Ramadhani, Slamet Riadi, Terra Bajraghosa.

Balai Soedjatmiko yang berada ditengah kota ini sangat berjasa dalam pameran ini karena ikut membantu membangun kembali semangat untuk mengenal Kebudayaan Tradisional meski hanya dalam bentuk Pameran seni rupa wayang beber. Mungkin masyarakat telah lupa atau tidak kenal dengan wayang beber yang tinggal kenangan ini. Dengan Buku yang diberikan pengunjung sangat membantu sekali untuk mengetahui bagaimana dan apa Wayang Beber.

Mengapa Wayang beber sampai hilang di tempat kelahirannya sendiri? jaman dulu sama fungsinya wayang beber dan wayang kulit sebagai salah satu sarana hiburan kerajaan. Namun dalam perkembangannya dari masa ke masa ternyata wayang kulit masih menarik untuk pertunjukan di masyarakat umum sehingga peminatnya masih banyak.

Source Kompas kompasiana.com/nurtaufikbobbo/552c675e6ea83472078b45d4/melihat-dekat-pameran-lukisan-wayang-beber
Comments
Loading...