Pameran Wayang : Pameran Contemporary Wayang

0 103

Pameran tunggal bertema “Contemporary Wayang” ini mengisahkan tokoh-tokoh wayang yang dikenal kuno kini hidup di abad ke-21. Beberapa gambar wayang Toto tak lepas dari telepon pintar, komputer jinjing, dan tas gandeng yang mahal. Dalam lukisan berjudul “Semar Berjalan Sambil Berpikir”, misalnya, menggambarkan tokoh Semar berjalan pelan di atas kuda laut dengan satu tangan menunjuk kepala seperti berpikir dan tangan lainnya memegang telepon pintar.

Mengapa Semar yang dikenal kerap memecahkan masalah dengan pikirannya dilukiskan mencengkam produk teknologi digital itu? Ternyata Semar lagi berkicau tentang nasihat- nasihatnya lewat Twitter. Apakah Twitter juga menyelesaikan problem manusia atau justru menjadi penyebabnya,

Saya tidak ingin menghakimi

ucap Toto. Kehadiran ornamen tas mewah di beberapa lukisan Toto juga membuat orang tersenyum, lalu geleng-geleng kepala. Tokoh wayang Limbuk-dalam pewayangan dikenal sebagai perempuan abdi dalem keraton-dalam lukisan berjudul “Shopaholic” digambarkan menggandeng tas berwarna di empat lengannya.

Saya hanya bingung. Untuk apa seseorang punya banyak tas?

kata Toto. Apakah karya Toto ingin menyindir konsumerisme di diri kita? Toto menyerahkan interpretasi tersebut kepada masing-masing orang. Menurut dia, saat ini, manusia juga bingung dengan level kebutuhan yang berubah.

Bagi sebagian orang, teh tawar bukanlah minuman nikmat, melainkan untuk penderita diabetes, teh tawar adalah minuman mewah

ujarnya.

Source Kompas kompas.id/baca/hiburan/2017/05/27/wayang-toto-abad-ke-21
Comments
Loading...