Pameran Wayang : Pameran Lomba Warna Wayang

0 110

Lomba Mewarnai Wayang

Selain Lomba dalang ada juga kegiatan Mewarnai wayang yang di ikuti oleh anak Paud dan Taman kanak-kanak. Lomba ini di ikuti oleh 81 peserta yang berasal dari Yogyakarta dan Lomba ini bertujuan untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan anak terhadap seni wayang. Esensi lomba mewarnai wayang ini bukan terletak pada hadiah, uang dan piala yang akan di dapat oleh juara nantinya nantinya tetapi lebih kepada bagaimana kita sadar akan budaya dan keistimewaan negeri ini, mengenalkan, mengajarkan sejak dini agar kesenian ini tetap terjaga dari masa ke masa.

Pameran Wayang Nusantara

Dalam semua rangkain kegiatan FDC VI juga dibarengi dengan pameran wayang nusantara yang mana akan di pajang beberapa koleksi dari museum wayang seluruh Indonesia. Secara umum masyarakat hanya mengenal wayang kulit dan wayang golek saja tetapi pada pameran ini akan dipajang berbagai jenis wayang, mulai dari wayang wuluh, wayang limbah, wayang plastik, wayang orang dan berbagai jenis wayang lainnya. Pemeran ini memiliki nilai berkemaknaan yang tinggi yaitu Negeri Ibu Pertiwi (Indonesia) memiliki banyak sekali kebudayaan dan peninggalan seni yang diwariskan oleh nenek moyang kita terdahulu. 

Source kompasiana.com kompasiana.com/adhaneffendi/5724bf8fee9673ac09c5e1f7/kesenian-wayang-dan-sebuah-pesan-untuk-masa-depan
Comments
Loading...