Pelukis Wayang : Agus “Koecink” Sukamto, Pelukis

0 180

Agus “Koecink” Sukamto lahir pada 31 Desember 1967 di Tulungagung, Jawa Timur. Pada tahun 1987, ia mendapat pendidikan di Sekolah Tinggi Wilwatikta Surabaya, Jurusan Seni Rupa. Lalu pada tahun 2005-2007 menyelesaikan program pasca sarjana di Jurusan Pengkajian Seni, Institut Seni Indonesia Surakarta. Di tahun 1997 Agus mulai mengadakan pameran tunggal pertamanya dengan judul

Engkau atau aku yang kalah

di Pusat Kebudayaan Amerika, Surabaya. Sedangkan untuk pameran bersama, Agus pertama kali berpastisipasi pada tahun 2003 dalam pameran  “CP Open Biennale 2003” di Galeri Nasional Jakarta. Di tahun 2005, Agus melakukan pameran di luar negeri pertama dengan judul “Expressions of love between Indonesia and Australia” Di Byron Bay Australia. Di tahun 2015, karya Agus juga berpartisipasi dalam LE BIENNIALE JATIM 2015 di Balai Pemuda Surabaya.

Awalnya Agus berkarya melalui media lukisan, tapi dalam perkembangannya, Agus juga menggunakan medium benda tiga dimensi. Agus pernah menjadi Ketua Jurusan Seni Rupa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta, Dosen LB Visual Communication Design, Universitas Ciputra, dan anggota dari Staff Ahli Branding DISBUDPAR Kota Surabaya. Pada periode 2011-2012, Agus mendapat kesempatan untuk menjalani residensi di Museum Sejarah Alam Rouen, Perancis.

Dalam kesempatan itu, Agus dipercaya untuk mendesain Ruang Asia di museum tersebut. Selain sebagai seorang seniman, Agus juga merupakan seorang kurator. Dalam salah satu pameran yang dikuratorinya “Woman Artists Carnival”

Source Arsip archive.ivaa-online.org/pelakuseni/agus-koecink-1
Comments
Loading...