Pengrajin Wayang : Abah Jani, Perajin Wayang Golek Sukatani

0 25

Abah Jani, sosok lelaki 54 tahun perajin wayang golek asal Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat ini, mungkin belum setenar nama seniman lain di negeri ini. Tetapi ketika dilihat perannya, Abah Jani merupakan salah satu yang mempunyai andil besar di balik kebekenan para seniman pesohor seperti dalang Asep Sunandar Sunarya. “Terakhir kali Abah membuat wayang untuk dalang di Jawa Barat, yaitu untuk dalang Asep Sunandar Sunarya,” kata Abah Jani di Pendopo Maya Datar Purwakarta, Senin.

Diakui Abah Jani, kerajinan membuat wayang golek telah dia geluti sejak masih masa kanak-kanan. Atas ketelatenannya, membuat nama Abah Jani dikenal dan membawanya berkarya hingga ke museum Taman Nusa Gianyar Bali. Abah Jani yang baru sepekan pulang kampung ke Purwakarta, menceritakan perjalanannya dalam membuat wayang golek. Keahliannya dilatarbelakangi keinginan untuk memiliki wayang golek, lantaran setiap meminta selalu ditolak sang kakek untuk membuatkannya.

Saat kecil, Abah sempat meminta wayang golek Si Cepot kepada kakek Abah. tetapi tidak pernah diteduni malah disuruh membuat sendiri

ujar Abah Jani. Jani kecil yang kuat dalam keinginannya untuk bisa membuat wayang golek kemudian dia berangkat ke daerah Bogor, untuk berguru dan menggali ilmu tentang pewayangan.

Nah sekitar akhir tahun 1980 Abah bertemu dengan Dalang Ahim, seorang dalang sepuh dan kepadanya Abah belajar banyak tentang wayang

Source merdeka.com merdeka.com/peristiwa/abah-jani-perajin-wayang-golek-langganan-seniman-terkenal.html
Comments
Loading...