Pengrajin Wayang : Ade Sudarjat Pengrajin Wayang

0 79

Lewat jalan Gegerkalong Hilir menuju ke Ciwaruga diarea Bandung Utara kita akan melewati kios wayang pak Ade di pinggir jalan. Pak Ade ini seorang dalang yang juga membuat wayang. Secara otodidak dari hasil bergaul dengan komunitas tradisi pak Ade belajar mengukir, mengecat dan mendandani batang kayu albasia ini menjadi sosok wayang yang indah. Satu buah wayang membutuhkan waktu tiga hari pembuatan sampai selesai. Mula-mula batang albasia diukir berbentuk kepala wayang.

Lalu dicat dengan cat kayu mengkilap berwarna-warni. Pak Ade bahkan membuat sendiri kuas tertipis andalannya dari bulu kucing. Setelah itu disempurnakan dengan memasang tongkat kayu menyerupai tangan. Terakhir  dipasang aksesoris pelengkap tokoh wayang tersebut seperti kalung, anting, kain batik dan selendangnya. Wayang berukuran rata-rata 60 cm ini dijual mulai dari 200 ribu – 350 rb rupiah sebuah. Untuk satu set wayang yang berjumlah 100 buah dan disimpan dalam peti jati dibanderol 35 juta rupiah.

Set wayang ini biasanya dipesan oleh para dalang.  Pembeli dikios pak Ade bisa membeli wayang ini untuk souvenir ataupun untuk dipakai pagelaran. Harga jual wayang ini kalau diperinci ternyata mempunyai biaya ongkos yang besar, sehingga keuntungannya tipis. Kalau dihitung biaya harian ongkos kerja 50 rb sehari x 3 hr = 150 rb. Perlengkapan aksesoris dan cat mencapai 100 ribu rupiah, sehingga keuntungan perbuah berkisar 50 rb.

Source kompasiana.com kompasiana.com/mita/550a263e813311e805b1e57b/ade-sudarjat-pengrajin-wayang-dari-gegerkalong
Comments
Loading...