Pengrajin Wayang : Badriyanto, Pembuat Wayang Suket

0 104

Badriyanto (35) yang sudah menekuni pembuatan wayang suket sejak 23 tahun lalu. Bermula dari membantu kakeknya menganyam wayang suket, Badriyanto kini menjadi ahli dalam menganyam suket membentuk tokoh wayang. Tentu butuh kesabaran. Pasalnya membuat wayang suket ini tidak selesai dalam waktu semalam saja, bisa memakan waktu 4 hingga 5 hari. Harga dari wayang suket ini sepadan dengan kualitas, kerapian, keuletan serta keawetannya yang mencapai 20 tahun.

Satu wayang suket mulai Rp 450 ribu dan yang besar mencapai Rp 1,7 juta. Hal itu bergantung pada besar kecilnya wayang dan tingkat kesulitannya. Jenis rumput yang digunakan untuk bikin wayang rumput yaitu rumput kasuran. Rumput-rumput itu dipilih terlebih dahulu sesuai ukuran wayang yang akan dibuat. Bahan rumput direndam selama 1 jam, lalu ditiriskan sedikit kering, baru kemudian bisa dianyam. Tak ada penggunaan bahan tertentu, yang penting wayang rumput disimpan di tempat kering sehingga awet puluhan tahun.

Ukuran wayang sekitar 30cm hingga yang besar setinggi 60 cm. Badriyanto katakan, menganyam suket jadi wayang ini diwarisi dari kakeknya, dan berharap dengan apa yang ia lakukan dapat bermanfaat dalam upaya melestarikan budaya. Hasil karya Badriyanto ini kerap disertakan pada pameran dan laris pesanan. Pembelinya kebanyakan berasal dari luar kota, misal Yogyakarta, Solo, Jakarta, Bandung, Bali dan beberapa tempat lainnya di Jawa Timur. Para pembeli datang.

Source tribunjateng.com jateng.tribunnews.com/2018/03/02/kreatif-pemuda-ini-tekuni-pembuatan-wayang-suket-kini-karyanya-mendunia?page=2
Comments
Loading...