Pengrajin Wayang : Enday Media, Perajin Wayang

0 232

Data Diri
• Nama: Enday Media
• Lahir: Bogor, 5 Juni 1974
• Istri: Lies Rosmanah
• Anak: – Adelia (8) – Ramon (3)
• Pendidikan: SMA
• Profesi: Perajin wayang golek

Semula dia malu menjadi anak perajin wayang golek. Namun, kemudian terbukti justru wayang golek-lah yang membuat Enday Media bisa membeli rumah dan mencukupi kebutuhan keluarga besarnya. Sebagai anak seorang perajin wayang golek, pria bernama Enday Media ini merasakan sendiri kehidupan sehari-hari keluarga perajin. Ayahnya, Entang Sutisna (62), seorang perajin wayang golek. Anak kedua dari lima bersaudara ini tahu betul bagaimana hasil jerih payah sang ayah sering kali tak bisa membuat asap dapur mengepul.

”Wayang golek yang dibuat berhari-hari itu susah dijual. Sebulan hanya laku sekitar empat buah, harganya ketika itu Rp 1.000,” cerita Enday tentang kondisi tahun 1970-an itu. Pesanan terbanyak yang diingatnya adalah dari Presiden Soeharto pada 1972, yakni 120 buah wayang golek. Padahal menjadi perajin wayang golek bisa dikatakan sebagai satu-satunya keahlian Entang. Sejak tahun 1960-an dia berusaha keras menghidupi keluarga dengan membuat wayang golek di Desa Sukamantri, di kaki Gunung Salak, Bogor.

Mengalami sendiri sulitnya kehidupan perajin wayang golek membuat Enday tak ingin menjadi penerus jejak sang ayah. Meskipun sebenarnya sejak masih duduk di bangku SMP, dia sudah piawai membuat wayang golek. Oleh karena itu, begitu lulus dari SMA, Enday cari.

Source Kompas nasional.kompas.com/read/2009/07/16/0325342/enday.wayang.golek.dari.bogor
Comments
Loading...