Pengrajin Wayang : Gondo Wasito (Patikraja, Banyumas)

0 322

Gondo Wasito

  • Desa Sokawera Kec. Patikraja Kab. Banyumas, Jawa Tengah
  • Nomor Telepon : 085747992391
  • (tatah – sungging)

Itu hanya semacam home industri, atau Sanggar-sanggar wayang di Solo dan Jogja. Pengraiin wayang di Banyumas dan sekitarnya bergerak sporadis, sendiri-sendiri mengakibatkan pemasaran produk yang sulit. Seperti yang pernah saya dengan dari keluhan Pak Sono, penatah wayang dari Mernek Kecamatan Maos. Selama ini di sini hanya mengandalkan pesanan yang tak tentu dan waktu pengerjaan menjadi lama. Segala sesuatu dikerjakan sendiri, sementara karena wayang tak bisa diandalkan sebagai mata pencaharian utama, mereke juga punya pekerjaan lain.

Bertani, beternak, seniman bahkan ada pula yang menjadi niyaga pentas wayang seperti Pak Sono Mernek dan Mas Yanto dari Sikampuh Kecamatan Kroya. Berbeda dengan home industri ataupun sanggar wayang, ada pembagian tugas antara penyorek, penatah, penyungging atau finishing. Bahan baku juga “datang sendiri” dan para pembuat wayang adalah pekerja yang digaji, sehingga bisa menjadi mata pencaharian. Selain itu perhatian pemerintah juga bisa dibilang tidak ada.

Barangkali yang sedikit menerima “sentuhan” bantuan pemerinta adalah Pak Gondo Wasito dari Sokawera Patikraja dengan kelompok belajar Welulang Sari-nya. Di sisi lain, adapula ketikdaterimaan dari pemesan, wayang produksi pengrajin lokal jika ditanyakan buatan mana, banyak yang menjawab “Solo”. Hal yang makin menenggelamkan nama pengarajin wayang Banyumas.

Source kluban.net kluban.net/2015/08/02/nasib-pembuat-wayang-di-banyumas
Comments
Loading...