Pengrajin Wayang : Isyanto, Perajin Wayang Langka

0 82

Sekilas dari kejauhan mirip emping melinjo raksasa mentah yang siap goreng. Isyanto berkali-kali membolak-balik lembaran tersebut, dia tak ingin ada yang cacat dari lembaran tersebut. Sekecil apapun kecacatan akan membuat cacat karya yang dia kerjakan.

Lembaran yang mirip emping melinjo tersebut didatangkan dari Jawa Tengah, merupakan kulit kerbau kualitas terbaik. Menurutnya karakteristik kulit kerbau dari Jawa Tengah paling bagus, baik tekstur, tingkat kekeringannya, warna, sampai kerataan tebal tipisnya.

Ketika diperhatikan lebih seksama, lembaran tersebut rumit dan detail, alias njlimet orang Jawa mengistilahkan. Hanya orang-orang berjiwa seni tinggi yang mau dan mampu melakukan. Bahan mentah tersebut baru saja selesai disungging, istilah menatah dalam wayang kulit. Pahatan atau sunggingan tersebut hanya dalam ukuran milimeter, ada yang berupa guratan dengan kedalaman setengah tebal kulit, namun kebanyakan sampai tembus. Setiap pahatan ataupun guratan mempunyai istilah masing-masing.

Source Kompas kompasiana.com/bunnan/5ca19d3895760e717e432ce2/isyanto-pengrajin-wayang-kulit-langka-di-indonesia
Comments
Loading...