Pengrajin Wayang : Jaseman, Pengrajin Wayang Kardus

0 22

Jaseman (70) masih tetap setia menjadi perajin dan pedagang wayang kardus. Pelanggan dan pembelinya anak-anak yang masih mencintai kesenian wayang.

Belum tentu setiap hari ada yang membeli. Paling banyak yang beli anak-anak yang masih suka dengan tokoh wayang

ungkap Jaseman perajin wayang kardus, Sabtu. Jaseman merupakan warga Desa Kedungsari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Ketrampilannya selama ini membuat wayang kardus yang menjadi tumpuan penghasilannya. Sudah belasan tahun Jaseman berjualan wayang kardus keliling pasar dan sekolah. Satu wayang kardus biasa dijual antara Rp 5.000 – Rp 10.000,00. Beberapa wayang kardus yang banyak dipilih tokoh Punokawan seperti Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

Ada juga tokoh Buto Cakil dan Werkudoro atau Bimo. Namun masalahnya sekarang sudah tidak banyak lagi anak-anak yang membeli wayang. Anak-anak lebih suka main game online dan permainan moderen lainnya. Hanya segelintir anak-anak saja yang masih suka dengan sosok tokoh wayang.

Kadang sehari laku 5 atau 2 dan pernah tidak ada yang laku

jelasnya. Meski hasil penjualannya menurun, namun Jaseman masih terus menjual wayangnya. Karena hanya dengan membuat wayang mendapatkan penghasilan walaupun nilainya tidak seberapa. Meski kaki kirinya membengkak karena sakit seolah tidak menyurutkan tekatnya berkarya membuat wayang kardus. Dengan mengayuh sepeda tua Jasemen berkeliling menjajakan wayang kardusnya. Usia yang senja tak menghalangi tekatnya kerja.

Source surya.co.id surabaya.tribunnews.com/2017/09/02/bertarung-dengan-zaman-jaseman-tetap-bertahan-menjual-wayang-kardus
Comments
Loading...