Pengrajin Wayang : Ki Samidjan, Mengubah Limbah

0 55

Kecintaan seseorang terhadap seni takkan dapat diukur dan dibeli dengan apapun termasuk dengan rupiah. Ki Samidjan seorang lelaki yang semenjak kecil kecintaannya kepada seni pewayangan bermula ketika ia mendengarkan banyak cerita-cerita yang dituturkan secara turun-temurun. Ki samijan bercita-cita menjadi seorang dalang kulit tetapi cita-cita ini terlalu tinggi bagi anak seorang petani. Meskipun cita-cita nya belum terwujud, namun cita-cita ini belum terkuburkan.

Cita-cita yang tertunda itu, Ki Samijan lampiaskan dengan membuat karakter-karakter pewayangan, mengandalkan ingatan tanpa bimbingan. Hasilnya, beratus-ratus wayang kulit kardus yang lekas aus. Berbagai bahan kemudian Ki Samijan coba, mulai dari kayu tripleks (kayu lapis), seng, karton dan akhirnya sampah plastik. Dari semua bahan itu, plastik adalah bahan yang dinilai mampu menggantikan kualitas wayang kulit sesungguhnya. Setidaknya plastik memberikan kelenturan yang sama dengan kulit. Plastik juga murah dan mudah diperoleh. Dengan demikian sejak tahun 2000/2001 Ki Samijan berkreasi dengan plastik.

Source kompasiana.com kompasiana.com/adhaneffendi/5725817eec9673ff04d551f9/ki-samidjan-mengubah-limbah-sampah-menjadi-sebuah-wayang
Comments
Loading...