Pengrajin Wayang : Mulyono Sejati, Tidak Pelit Ilmu

0 141

Mulyono sendiri tidak pelit berbagi ilmu. Ia membuka pintu rumahnya lebar-lebar kepada tetangga dan siapa pun yang ingin untuk datang belajar membuat wayang kayu. Namun sejauh belum ada yang datang kecuali salah satu saudaranya dari Pakisaji (salah satu daerah di Kabupaten Malang) yang sempat belajar selama tiga pekan dan saat ini tengah libur.

Siapa pun boleh belajar di sini asal serius. Kalau tetangga, sejauh ini belum ada yang belajar karena minat mereka pada kesenian wayang agak kurang

tutur Mulyono yang mengaku beberapa tahun lalu pernah diajak salah satu dosen perguruan tinggi di Surabaya untuk berbagi ilmu di kampus namun ia tolak lantaran merasa belum siap. Pengetahuannya soal pewarnaan saat itu masih dirasa kurang. Lelaki sederhana yang juga bisa membuat wayang dari bahan kulit ini bertekad akan terus melanjutkan usahanya membuat wayang kayu meski nantinya punya aktivitas lain. Bagi Mulyono wayang telah menjadi urat nadi kehidupannya. Selain itu, membuat wayang juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, termasuk mereka yang kondisinya normal sekalipun.

Source Kompas kompas.id/baca/tokoh/sosok/2018/11/30/mulyono-sejati-berkarya-di-tengah-keterbatasan-fisik
Comments
Loading...