Pengrajin Wayang : Nanang Prawito, Pembuat & Servis

0 181

Nanang Prawito ketiban untung lewat jasanya membuat wayang baru dan servis wayang rusak pesanan banyak dalang dan pemilik peralatan sewa wayang. Pelanggan warga Desa Tambibendo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri ini termasuk para kolektor wayang yang ingin mengoleksi tokoh wayang idolanya. Meski harga wayang kulitnya tergolong mahal, pelanggan selalu saja datang ke rumahnya. Harga wayang termahal adalah gunungan yang mencapai Rp 5 juta.

Sedangkan wayang termurah seperti tokoh Srikandi, dibanderol Rp 300 ribu karena memang bentuknya kecil. Nanang sangat memperhatikan bahan untuk wayang pesanannya. Untuk bahan ia menggunakan kulit sapi atau kulit kerbau, dan gapitnya dari rotan atau tanduk kerbau.

Kalau hanya untuk koleksi biasa gapitnya memilih dari rotan, tapi kalau dalang biasa memilih tanduk kerbau

Ungkap Nanang kepada Surya beberapa waktu lalu. Harga gapit tanduk kerbau ukuran satu meter sekarang sudah mencapai Rp 400 ribu, sedangkan kulit semakin besar ukuran wayang maka akan semakin mahal.

Kalau wayangnya besar butuh waktu lebih lama membuatnya. Untuk menatah dan membentuk wayang saja waktunya dua sampai tiga hari. Belum lagi mengecatnya, bahannya lebih banyak

Ungkap dia. Nanang sempat kewalahan menerima banyak pesanan pelanggan. Karena praktis ia hanya sendiri membuat wayang. Kalau sudah kewalahan makan ia akan menolak pesanan pelanggan.  Kini ia mengaku lega karena saat punya asisten.

Source tribunnews.com tribunnews.com/regional/2015/10/11/perajin-wayang-kulit-asal-kediri-kewalahan-terima-pesanan-pelanggan
Comments
Loading...