Pengrajin Wayang : Pak Sabar, Sosok Perajin Wayang

0 38

Pagelaran wayang kulit saat ini memang sudah sepi penonton. Namun bukan berarti kisah tentang wayang ditinggalkan begitu saja oleh penggemarnya. Sedikit banyak masih ada kaum muda dan anak-anak yang mau mengenalkan tokoh-tokoh legendaris dalam kisah-kisah Mahabarata dan Ramayana. Setidaknya ini yang saya lihat ketika ada pagelaran wayang kulit, ada satu dua bapak-bapak muda yang mengajak anaknya untuk menonton sambil mengenalkan nama tokoh-tokoh yang tak asing bagi para penggemar wayang kulit, seperti Semar, Gareng, Petruk, Arjuno, Werkudoro, Gatotkaca, dan Anoman.

Dalam pelajaran Bahasa Daerah (Jawa), kisah-kisah yang penuh ajaran moral dan etika banyak disisipkan. Misalnya kisah Sumantri, Bale Sigolo-golo, pertarungan Jatayu dan Dasamuka. Sehingga cerita wayang masih cukup menarik menjadi salah satu model untuk membentuk karekter anak sesuai dengan kepribadian budaya nasional lewat kearifan lokal.

Source kompasiana.com kompasiana.com/aremangadas/5548562c547b61ce0e25243b/pak-sabar-sosok-perajin-wayang-kulit-dari-karton
Comments
Loading...