Pengrajin Wayang Pendi, Terima Pesanan Wayang

0 33

Pendi dan keluarganya menerima pesanan tokoh wayang secara spesifik. Yang jelas, wayang buatan mereka, seperti karya para penatah Dukuh Butuh, adalah wayang khusus pedalangan. Wayang ini dimainkan dalang dalam pentas pergelaran wayang kulit dan berbeda dengan wayang untuk cinderamata atau hiasan.

Kualitasnya paling bagus. Beberapa wayang seperti Bima bahkan cepat rusak karena sering untuk geprukan (duel atau tabrakan) di adegan pertempuran. Dari 400-an (karakter) wayang, kami bisa bikin semua

tutur Pendi. Harga wayang buatan keluarga Saiman bervariasi tergantung kualitas bahan dan detail pengerjaaan serta ukurannya. Kisarannya dari Rp 400 ribu hingga Rp 5 juta. Harga tertinggi ini biasanya untuk wayang berukuran besar yakni untuk karakter raksasa. Namun ada juga wayang ukuran kecil atau standard memiliki harga tinggi. Pendi menunjukkan wayang Arjuna berukuran biasa yang berwarna kekuningan dan disebut seharga ini Rp1,7 juta –Rp2 juta.

Harganya jadi mahal karena mengandung emas

ujarnya. Wayang karya keluarga Saiman memiliki penggemar khusus. Setidaknya ada 10 dalang dan kolektor yang berlangganan memesan dan mengoleksi karya Saiman sekeluarga. Mereka berasal dari Solo, Semarang, Blitar  Ngawi, Ponorogo, dan Jakarta. Ada pula dari kampus Institut Seni Indonesia, Solo, yang memiliki program studi wayang dan dalang.

Karakter dalang itu biasanya menyatu dengan wayang. Cocok-cocokan. Wayang karya kami dianggap cocok. Jadi mereka memesan.

Source Gatra gatra.com/rubrik/budaya/seni/370783-Millenials-Penatah-Wayang-dari-Dukuh-Butuh
Comments
Loading...