Pengrajin Wayang : Pengertian Kampung Wayang

0 240

Kampung Wayang merupakan lokasi khusus dimana para pengrajin wayang masih aktif membuat wayang yang merupakan kebudayaan asli Indonesia dengan mempertahankan tradisi yang ada. Dan masih ditemukannya pola hidup lama yang bisa dipertahankan yaitu membuat wayang itu sendiri. Semua yang ada didalammya membutuhkan sentuhan manusia yang mengerti dan mau mempertahankan budaya. Pendukung utama adanya Kampung Wayang adalah masyarakat itu sendiri, kedua adalah pemerintah atau masyarakat sekitarnya.

Pengelolaan Kampung Wayang diserahkan langsung dan dikelola langsung oleh masyarakatnya sendiri, dengan cara-cara arif dan bijaksana mengedepankan kerjasama dan menanamkan nilai budaya. Secara ekonomi dapat diatur dengan menggunakan manajemen ekonomi dan pembagian hasil yang didapat bersama tergantung kesepakatan bersama.

Sistem inilah yang memperkuat sosial kemasyarakatannya, sehingga membangun apa saja dapat diterapkan dengan baik karena masih berlaku sistem kekeluargaan dan persaudaraan yang kokoh. Merencanakan secara bersama-sama, disetujui secara bersama, dilaksanakan bersama, dan hasilnya dinikmati bersama, konsep inilah yang menjadi dasar yang kuat mempertahankan keutuhan Kampung Wayang.

Source eprints.uny.ac.id eprints.uny.ac.id/41493/1/Skripsi_Yuselg%20Putrikam%20Ikhtiari_12102241040.pdf
Comments
Loading...