Pengrajin Wayang : Pengrajin Wayang Perlu Inovasi

0 31

Para pengrajin wayang kulit di Butuh perlu inovasi. Misalnya, pengrajin bisa mulai memproduksi wayang-wayang kecil yang bisa dijadikan suvernir acara

ungkap Pendi yang aktif menjadi pengrajin wayang kulit karena ingin melestarikan warisan budaya tersebut. Rencana lainnya, warga Butuh membentuk pengurus bank sampah dan membangun infrastruktur pendukungnya dengan memanfaaatkan dana bantuan dari PT Astra Internasional. Setelah bank sampah terbentuk, seluruh warga Butuh akan didorong untuk rutin memilah sampah organik dan anorganik.

Selanjutnya program kesehatan. Di program ini, kami akan memprioritaskan pendekatan ke warga lansia. Bersama Astra, kami akan coba rutin mengadakan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan gratis untuk mereka. Tapi tidak menutup kemungkinan program kesehatan akan diarahkan kepada kelompok masyarakat lain. Misalnya saja, pemeriksaan kesehatan mata bagi para pengrajin wayang kulit. Mata mereka perlu dicek, apakah kini mengalami gangguan penglihatan atau tidak?

kata Pendi. Pendamping Program KBA Butuh dari Astra Solo, Wahyu Triyono, menjelaskan KBA merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang diimplementasikan dengan konsep pengembangan sinergi empat pilar program, yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. Melalui program KBA diharapkan warga dan perusahaan Astra Group dapat berkolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan wilayah yang produktif, bersih, sehat, dan cerdas sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dukuh Butuh dipilih menjadi KBA karena memiliki potensi wayang

Source Solo soloraya.solopos.com/read/20181231/493/962081/menyelamatkan-regenerasi-pengrajin-wayang-kulit-di-klaten
Comments
Loading...