Pengrajin Wayang : Properti Senian Wayang Topeng

0 119

Semula hanya untuk memenuhi kebutuhan properti kesenian wayang topeng. Memang wayang topeng telah digeluti keluarga besar Handoyo secara turun-temurun. Kesenian wayang topeng sesungguhnya telah lama berkembang di Malang dan sekitarnya. Sebagian orang menyebut wayang topeng malang dengan wayang topeng  Malang. Menjadi kerajinan. Topeng untuk kebutuhan pementasan wayang topeng malang tersebut kemudian bertransformasi dan dikembangkan untuk keperluan lain, yakni kerajinan.

Handoyo bercerita, awalnya sang kakek, Mbah Karimun, yang mulai membuat kerajinan topeng tersebut. Ketika itu Mbah Karimun membuat topeng guna mengganti properti lama yang hilang dicuri orang. Peristiwa itu terjadi pada masa kolonial saat rumah penduduk Kedung Monggo banyak ditinggal mengungsi akibat peperangan yang terjadi. Mbah Karimun merupakan keturunan ketiga dari Mbah Serun, kakek buyut Handoyo, yang awalnya memiliki grup wayang topeng di Kedung Monggo.

Dulu Mbah Karimun membuat topeng untuk keperluan sendiri. Oleh karena buatannya bagus, kemudian banyak orang memesan topeng-topeng tersebut. Ayah Handoyo, Taslan, lalu mengembangkan kerajinan topeng dalam berbagai bentuk yang lebih fleksibel penggunaannya, mulai dari hiasan sampai gantungan kunci. Atas kiprahnya dalam bidang seni, MbahKarimun yang meninggal pada 2010 mendapatkan anugerah gelar maestro dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga pada 2010.

Dalam bidang kesenian wayang topeng, saya generasi kelima. Sementara dalam pembuatan topeng, saya merupakan generasi ketiga

tutur Handoyo.

Source facebook.com facebook.com/notes/wayang-nusantara-indonesian-shadow-puppets/pelestari-wayang-topeng-malang/10151967218476110
Comments
Loading...