Pengrajin Wayang : Sihhanto, Perajin Wayang Kulit

0 220

Seorang perajin wayang kulit di Balai Agung Keraton Kasunanan Solo, Sihhanto mengatakan, tempat ini terbuka untuk dikunjungi wisatawan. Di Balai Agung, menurutnya, wisatawan bisa melihat pembuatan wayang kulit.

Di sini juga bisa membeli wayang untuk oleh-oleh

Kata Sihhanto beberapa waktu lalu. Selain pembuatan wayang kulit, Sihhanto menambahkan, Balai Agung juga merupakan tempat belajar tempat pedhalangan. Tak hanya itu, lanjutnya, deretan gamelan juga bisa dibeli sebagai souvenir. Adapun jenis-jenis wayang yang dibuat di Balai Agung seperti Wayang Beber, Wayang Purwo, Wayang Gedhok, Wayang Madya, Wayang Klithik, dan Wayang Mena. Setiap pembuatan wayang membutuhkan waktu yang berbeda untuk pembuatannya tergantung kesulitan.

Jika ingin membawa pulang wayang-wayang tersebut, siapkan kocek yang tebal. Di sana, wayang dijual mulai dari Rp 500.000 per lembar. Rasanya tak lengkap ke Solo jika berkunjung ke Balai Agung. Pengetahuan wayang bisa coba diserap di tengah ramainya tumpukan ampyang, bakpia, klanting hingga kain-kain batik. Jika ingin berkunjung, cobalah datanglah pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB. Untuk konfirmasi jam buka Balai Agung, wisatawan bisa menghubungi nomor telepon 0271-661931.

Source travel.kompas.com travel.kompas.com/read/2016/07/30/202300127/Wisata.Wayang.Kulit.Tersembunyi.di.Solo
Comments
Loading...