Pengrajin Wayang : Sujoko, Seorang Seniman Sungging

0 22

Sujoko, seorang seniman tatah sungging dari Kampung Wayang Kepuhsari. Belasan tahun membina rumah tangga bersama Ibu Retno Lawiyani membuat beliau turut menjadi saksi bagaimana perjuangan Ibu Retno dalam berkarya dan mengabdi. Tak banyak orang yang mengetahui sosok Pak Sujoko. Suaranya yang khas ditambah dengan raut muka yang tegas membuat beliau cukup disegani di lingkungan Kepuhsari. Pribadinya yang terlihat pendiam justru mampu untuk menjadi peredam.

Sesekali beliau tertawa ketika diminta sedikit bercerita tentang masa muda. Tidak sedikitpun terpikir bahwa wayang dan seni tatah sungging akan menjadi bagian hidupnya. Kegiatan sebagai musisi  pada saat itu rela ditinggalkan ketika bertemu dengan Ibu Retno sebagai bagian jiwanya. Kegigihan Ibu Retno dalam melestarikan wayang membuatnya sadar bahwa budaya lokal harus tetap dilestarikan. Sedikitnya jumlah penatah muda yang ada membuat beliau kemudian berinisiatif untuk belajar seni tatah sungging.

Lama kelamaan kegigihan Pak Sujoko membuahkan hasil. Tak hanya dipandang seorang seniman, kini tatah sungging telah menjadi bagian utama dari pekerjaan. Meskipun masih  tergolong seniman muda di Kampung Wayang Kepuhsari, hasil karya Pak Sujoko terbilang luar biasa. Banyak jenis wayang telah berhasil dibuat, baik wayang dengan gaya Surakarta maupun wayang gaya Yogyakarta. Layaknya buatan seorang seniman senior, hasil tatahnya terlihat cukup halus dengan detail bentuk yang tertata rapi.

Source kampungwayangkepuhsari.com kampungwayangkepuhsari.com/seniman/pak-sujoko-dari-musisi-menjadi-pelestari-wayang-kulit
Comments
Loading...