Pengrajin Wayang : Sukir (Warga Kedungrejo, Jawa)

0 35

Sukir (39) warga Dusun Luwuk, Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban akhir-akhir ini nampak sibuk membuat properti hiasan dinding atau miniatur bentuk lakon wayang dari bahan triplek dan steroform. Saat ditemui di rumahnya, pria yang biasa di sapa Mbah Sukir tersebut, nampak sedang sibuk memoles serta percantik hiasan dinding jenis lakon wayang yang merupakan pesanan dari warga luar desa beberapa hari yang lalu. Menurut Mbah Sukir di sela-sela mengerjakan hiasan dinding mengatakan, dalam satu paket properti yang terdiri dari beberapa jenis lakon wayang tersebut ia mematok harga yang variatif antara Rp100 ribu hingga Rp2 juta, tergantung dari ukuran besar kecilnya miniatur yang dipesan.

Harga variasi tergantung ukuranya, tapi yang paling rendah itu Rp 100.000,00

Lebih lanjut, Mbah Sukir mengungkapkan, satu buah properti hiasan dinding dengan berbagai macam lakon wayang ukuran kurang lebih 1,5 x 1 meter, pihaknya bisa menyelesaikanya dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu atau sampai 8 hari.

Tergantung pada ukuran, kalau fokus dengan garapan properti ini satu minggu bisa selesai

Mbah Sukir juga mengaku, akhir-akhir ini sudah beberapa warga datang untuk memesan hiasan dinding lakon wayang ini. Sementara itu untuk hasil pendapatan dari pembuatan hiasan dinding ini pihaknya belum bisa menjelaskan.

Source Kumparan kumparan.com/bloktuban/kreatif-warga-kedungrejo-ini-buat-miniatur-wayang
Comments
Loading...