Pengrajin Wayang : Sungging Marto Atmaja, Cilacap

0 105

Sungging Marto Atmaja

  • RT 32 RW 03 Kaliterus Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Cilacap, Jawa Tengah
  • Nomor Telepon : 085291049585
  • (tatah – sungging)

Pembuat wayang di wilayah Banyumas tercatat lumayan banyak. Tersebar di daerah-daerah dan umumnya berlokasi di desa. Dan uniknya antara mereka kebanyakan saling mengenal. Dan umumnya mereka secara ekonomi bisa dibilang tidak terlalu bagus. Berkunjung ke rumah Bapak Kusnan atau dikenal di sekitarnya dengan nama Pak Bunder. Rumah sederhana berbahan kayu di desa Sibalung Kemranjen, sekitar 2 km ke barat dari Stasiun Kemranjen.

Tampak di teras rumah tuanya, alat menatah dan menyungging wayang yang tampak sudah “kawakan” alias sudah menghasilkan banyak karya. Di bagian atap tampak banyak burung berkicau yang meramaikan suasan pedesaan yang kadang diselingi suara Kereta Api yang melintas. Tampak pula sebuah wayang Wisanggeni gebingan/putihan yang belum selesai di tatah. Di depan rumah tampak motor bebek lawas yang kondisinya tak lagi mulus. Membuka pembicaraan dan perkenalan, ternyata bapak satu ini senang bercerita.

Membahas dunia pembuatan wayang, beliau tampak antusias. Walau tidak terlalu laris dan kesemuanya dikerjaan sendiri namun tetap saja ada pesanan yang datang, salah satunya dari Dalang Ki Tugino Guno Carito atau yang beken dengan Gino Gubugan. Dan memang begitulah nasib penatah wayang di wilayah Banyumas. Berpindah ke tetangga kecamatan namun beda.

Source kluban.net kluban.net/2016/09/11/info-lokasi-pengrajin-wayang-kulit-di-wilayah-banyumas
Comments
Loading...