Pengrajin Wayang : Wahyu (Yoyok), Perajin Golek Cepak

0 168

Wahyu alias Yoyok (35) perajin Golek Cepak satu-satunya di Tegal masih tetap bertahan dan terus mengembangkan seni rupa. Dia memperoleh keterampilan membuat golek cepak dari ayahnya, Ki Tasrip (57) yang telah menjalani usahanya sejak 40 tahun silam. Selain menjadi perajin golek cepak, Ki Tasrip merupakan seorang dalang golek yang cukup dikenal di eks Karisidenan Pekalongan. Hasil karya tangan Yoyok bahkan menarik minat sejumlah kolektor golek dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti, Yogyakarta, Solo, Semarang, hingga ke Bali.

Tak jarang, banyak kolektor yang datang langsung ke rumahnya di Kelurahan Sumurpanggang RT 3 RW 1 Kecamatan Margadana Kota Tegal. Ia menyebutkan, buah Karya golek cepaknya dibuat menjadi dua jenis yakni, ‎untuk pertunjukan dan untuk koleksi atau hiasan. Yoyok sudah membuat golek sejak usia 14 tahun.

Sudah sejak kecil saya diajarin Ayah buat golek cepak ini. Saat SMP saya sudah buat sendiri, kemudian waktu duduk di bangku SMA Karya saya sudah masuk pameran inacraft di Gor Wisanggeni Kota Tegal

ujar pria lulusan SMA ini. Kini, menjadi perajin golek cepak itu, ia sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup istri, Siti Aisyah (26) dan seorang anaknya., Arofah.

Alhamdulliah dengan usaha sebagai pengrajin golek cepak ini saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya

ucapnya. Yoyok menerangkan, wayang golek dan golek cepak adalah sudah berbeda.

Source tribunjateng.com jateng.tribunnews.com/2015/04/22/golek-cepak-buatan-yoyok-tegal-diminati-belanda-dan-malaysia
Comments
Loading...