Penulis Buku Wayang : Dr. Gabriel Possenti Sindhunata

0 216

Dr. Gabriel Possenti Sindhunata atau yang akrab dipanggil Romo Sindhu, lahir pada tanggal 12 Mei 1952 di kota Batu, Malang, dari orangtua beretnis Tionghoa. Ibunya bernama Koo Soen Ling sementara bapaknya bernama Liem Swie Bie. Setelah menamatkan pendidikan dari Seminarium Marianum, Lawang, Malang, pada tahun 1970, Sindhunata pindah ke Jakarta dan memulai kariernya sebagai wartawan di majalah Teruna pada tahun 1974 — 1977 serta harian Kompas pada tahun 1978.

Pada tahun 1974 — 1980, ia menempuh studi di STF Driyakarya, Jakarta, dan kemudian juga mendapat gelar sarjana dari Institut Filsafat Teologi Kentungan, Yogyakarta. Pada tahun 1992, ia mendapat gelar Doktor di bidang filsafat dengan disertasi mengenai pengharapan mesianik masyarakat Jawa dari Hochschule fur Philosophie, Philosophische Fakultat SJ, Munchen, Jerman. Selain menjadi rohaniwan, Romo Sindhu juga merupakan seorang sastrawan, wartawan, pakar filsafat, redaktur, dosen, dan juga budayawan.

Kepiawaiannya dalam menulis sendiri dimulai sejak ia duduk di bangku sekolah menengah sebagai akibat dari kegemarannya membaca buku-buku bergenre budaya, filsafat, babad, sejarah, novel, dan puisi. Dari hobi membaca tersebut, ia kemudian membuat berbagai karya dalam rupa fiksi, karya ilmiah, filsafat budaya, dan laporan pandangan mata. Dalam karya fiksi, Romo Sindhu memulainya dengan menulis cerita bersambung di harian Kompas pada tahun 1978 mengenai kisah Bharatayudha, lalu kisah Ramayana pada tahun 1981. Serial Ramayana tersebut kemudian diterbitkan buku.

Source Penulis Literatur pelitaku.sabda.org/sindhunata
Comments
Loading...