Penulis Buku Wayang : Dr. Sri Teddy Rusdy, Penulis

0 16

Sri Teddy Rusdy melakukan penelitian tentang ajaran Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu dikaitkan dengan pembangunan karakter bangsa, yang kemudian mengantarkan Ketua Umum Yayasan Kertagama ini meraih gelar doktor pada Program Studi Ilmu Filsafat Faluktas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 15 Agustus 2015 lalu. Penelitian Sri Teddy sampai pada kesimpulan bahwa Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu merupakan ilmu ketuhanan yang berisi untuk menyelamatkan dunia. Ajaran Sastra Jendra memuat nilai-nilai religi, ‘sangkaning dumadi’, ‘paraning dumadi’, ‘memayu hayuning bawana’, dan ‘manunggaling kawula klawan Gusti’ yang bersumber dari falsafah Jawa.

Selain itu, ada dimensi aksiologis pada ajaran Sastra Jendra, mencakup kandungan nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian: kebenaran, keindahan, kebaikan, dan religi. Relevansi dimensi aksiologis ajaran Sastra Jendra bagi pembangunan karakter bangsa, menurut Sri Teddy, mencakup dua hal. Pertama, pembangunan karakter bangsa secara umum mengarah pada falsafah bangsa Indonesia, Pancasila. Kedua, pembangunan karakter individual mencakup empat aspek: (1) olah hati, (2) olah pikir, (3) olah raga, (4) olah rasa dan karsa.

Mengingat kondisi moralitas bangsa Indonesia yang tengah terpuruk, cenderung mengalami dekadensi moral, hasil penelitian ini merupakan salah satu sumbangsih Sri Teddy dalam upaya melakukan penataan, penataan yang berangkat dari nilai-nilai kearifan lokal Nusantara.

Source The theglobal-review.com/sastra-jendra-dalam-pandangan-sri-teddy-rusdy
Comments
Loading...