Penulis Buku Wayang : Eddy D. Iskandar, Penulis Novel

0 127

Eddy D. Iskandar yang dikenal sebagai penulis novel pop lahir di Ciwidey, Bandung, 11 Mei 1951. Ia berasal dari keluarga yang gemar membaca. Sejak kecil ia telah memperoleh buku-buku komik dari ayahnya. Setamat SMA, ia menikah dengan Evi Kusmiati, gadis Sunda, teman sekolahnya. Ayah Eddy D. Iskandar bernama Iskandar Natapraja pemimpin Perkumpulan Seni Sunda Cekas Sari. Eddy D. Iskandar bersaudara enam orang dan hanya ialah satu-satunya yang berkecimpung di dunia sastra, sedangkan saudara-saudaranya ada yang terjun ke bidang teknik, hukum, dan industri.

Bakat seni Eddy D. Iskandar diturunkan dari ayahnya dan kegemaran membaca Eddy diturunkan dari ibunya. Pendidikannya ditempuh di kota kelahirannya, mulai dari sekolah rakyat hingga SMA. Setamat SMA (1971), ia melanjutkan pendidikannya ke Akademi Industri Pariwisata (Aktripa) Bandung. Setelah lulus ujian Sarjana Muda di Aktripa, tahun 1975 ia melanjutkan studinya ke Akademi Sinematografi, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (kini bernama Institut Kesenian Jakarta), Jurusan Penyutradaraan dan Penulisan Skenario, dan lulus tahun 1980.

Karier menulisnya dimulai dengan membuat “surat cinta”. Ketika masih remaja, ia banyak menulis catatan di dalam buku-buku tulisannya. Pada tahun pertama di Akademi Ilmu Pariwisata (1971) ia mulai memublikasikan karyanya di surat kabar mingguan Mandala. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berjudul “Malam Neraka”. Meskipun tulisannya banyak ditolak redaktur, tapi ia tidak berputus asa.

Source ensiklopedia.kemdikbud.go.id ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Eddy_D_Iskandar
Comments
Loading...