Pepadi : Pergelaran Menyimpang dari Kaedah Adi

0 151

Terkait pergelaran yang menyimpang dari kaedah adiluhung Ketum Pepadi mengatakan, menyikapinya tidak semudah membalikan telapak tangan. Jika Pepadi masuk ke pergelaranya langsung memang pepadi akan terlalu jauh, memang Pepadi mempunyai kewajiban untuk megingatkan bagi sebagian kecil seniman Dalang yang agak menyimpang pengemasan pergelaranya dari kaidah adi luhung.

Saya rasa mereka baru mencari jati diri, bila Pepadi mengingatkan, akan balik bertanya memang Pepadi menghidupi saya? Tapi dengan pendekatan dari hati ke hati mudah – mudahan para Dalang sadar diri demi kelestarian wayang jangka panjang ke depan. Pergelaran wayang diharapkan tetap adiluhung, berbobot penuh tuntunan dan menarik, penuh kreatifitas

Jelasnya. Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) di dasarkan pada catatan sejarah Pepadi dimana pada tanggal 14 April 1971, Jenderal Purn. Soerono yang pada waktu itu menjabat menjadi Pangkowilhan II Jawa-Madura mendirikan Pepadi dalam musyawarah Pedalangan se-Jawa dan Madura di Yogyakarta sebagai organisasi Pedalangan yang bersifat nasional. Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) adalah organisasi profesi yang independen beranggotakan para dalang, pengrawit, pesinden, pembuat wayang dan perorangan, dengan visi utamanya pelestarian dan pengembangan seni pedalangan sebagai khasanah unggulan budaya Nasional. Pepadi saat ini menjadi organisasi yang besar, memiliki Komisariat Daerah di 23 Provinsi dan ratusan Kabupaten/Kota. Saat ini Pepadi berumur 47 tahun (14 April 1971 – 14 April 2018) tema HUT ke –47 Pepadi.

Source pepadi.id pepadi.id/siaran-pers-no-02-hm-pepadi-04-2018
Comments
Loading...